Gaya HidupKesehatanReview

5 Aktivitas untuk Memperbanyak Produksi ASI

5-aktivitas-untuk-memperbanyak-produksi-asi

Beragam cara kerap kali dilakukan oleh para ibu menyusui untuk membuat produksi ASI mereka bisa mencukupi kebutuhan si buah hati. Memberi ASI eksklusif memang merupakan tahapan yang sangat penting karena memberi banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak produksi ASI, mulai dari mengkonsumsi makanan serta produk-produk yang merupakan ASI booster atau juga melakukan berbagai aktivitas yang bisa merangsang produksi ASI.

Bagi Anda yang sedang menyusui, berikut beberapa aktivitas sederhana yang perlu Anda perhatikan agar bisa membuat produksi ASI Anda tetap melimpah untuk mencukupi kebutuhan sang buah hati.

1. Memberikan ASI secara rutin dan terus menerus

Hal yang perlu diperhatikan agar produksi ASI Anda tetap melimpah adalah dengan rutin memberikan ASI secara terus menerus pada anak Anda. Pada minggu-minggu pertama kelahiran buah hati, bayi mungkin belum memiliki jadwal meminum ASI yang teratur, jadi berikanlah ASI kapanpun ia menginginkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa bayi yang baru lahir biasanya mengonsumsi ASI sekitar delapan hingga dua belas kali dalam sehari, sehingga idealnya, Anda perlu menyusui bayi Anda sekitar dua atau tiga jam sekali. Jika setelah dua jam anak Anda masih tertidur, Anda sebaiknya membangunkannya agar ia tetap mendapat asupan ASI yang cukup dan rutin.

Selain memenuhi kebutuhan ASI bayi, memberikan ASI Anda secara rutin juga bisa menjadi aktivitas yang menjadi ASI booster dan akan membuat produksi ASI bisa terus bertambah karena akan merangsang hormon prolaktin, hormon yang bekerja untuk memproduksi ASI.

2. Istirahat yang cukup

Meskipun ketika baru menjadi ibu Anda akan disibukan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas mengurus bayi, namun pastikan Anda tetap memiliki waktu istirahat yang cukup. Aturlah jadwal tidur Anda dan sesuaikan dengan jadwal tidur bayi. Anda bisa ikut tidur ketika bayi Anda juga tertidur, misalnya.

Selain tidur yang cukup, Anda juga bisa beristirahat saat sedang bersantai dengan bayi atau dengan mengurangi kegiatan Anda di luar rumah. Selain istirahat yang cukup, pastikan juga Anda menghindari rokok dan alkohol yang bisa mengurangi produksi ASI Anda.

3. Mengelola stress

Stress dan cemas yang dialami oleh ibu menyusui bisa membuat produksi ASI yang dihasilkan berkurang. Sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang bisa memicu stress atau membuat Anda merasakan cemas berlebihan. Untuk membuat ibu menyusui terhindar dari stress, tentunya juga dibutuhkan dukungan dari pasangan serta orang-orang terdekat.

4. Rutin memompa ASI

Ada kalanya bayi sudah merasa kenyang dan tidak ingin menyusui lagi namun payudara Anda masih tetap terasa kencang. Hal ini terjadi karena persediaan ASI Anda belum habis dan masih harus dikeluarkan. Anda bisa mengeluarkan ASI tersebut dengan bantuan pompa ASI, baik pompa elektrik maupun manual.

ASI yang dipompa tersebut bisa Anda simpan untuk dikonsumsi nantinya oleh bayi. Cara ini akan membuat produksi ASI Anda tetap lancar karena ASI akan kembali produksi ketika persediaan ASI dalam tubuh Anda sudah kosong.

5. Menyusui pada kedua bagian payudara

Biasakanlah untuk menyusui bayi pada payudara kanan dan kiri secara bergantian. Jika Anda hanya menyusui bayi pada satu sisi payudara saja, sisi payudara yang tidak dikeluarkan ASInya akan terhambat dan tidak mendapat stimulus untuk terus memproduksi ASI.

Itulah beberapa aktivitas yang perlu Anda perhatikan agar bisa menjadi ASI booster dan membuat produksi ASI lancar selama menyusui.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button