Diabetes Tipe 2 Pada Anak, Ketahui Cara Mencegah Sejak Awal Berikut!

  • Whatsapp
diabetes-tipe-2-pada-anak-ketahui-cara-mencegah-sejak-awal-berikut
Foto: Canva.com pro

Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes, anak-anak memiliki peluang yang sama. Anak-anak bisa terkena penyakit diabetes tipe 1 atau 2 tergantung faktor risiko masing-masing. Jika bayi dan anak-anak yang memiliki kelainan imun rentan terkena diabetes tipe 1, maka diabetes tipe 2 pada anak yang berusia lebih dari 10 tahun atau remaja. Penyebab utama diabetes tipe 2 karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin dengan baik.

Bisakah diabetes tipe 2 dicegah sejak dini?

Ada beberapa faktor yang membuat balita dan anak mengalami penyakit diabetes seperti riwayat genetik, obesitas, kebiasaan makan manis, dan kurang olahraga. Tentu Anda bisa melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup yang sehat pada anak yaitu :

Read More

1. Konsumsi menu sehat dan bergizi

Langkah pertama mencegah diabetes tipe 2 pada anak adalah menerapkan gaya hidup sehat. Anda wajib memperhatikan menu yang diberikan untuk si kecil berupa roti gandum, sayur dan buah, produk olahan susu, dan protein tanpa lemak. Konsumsi makanan rendah lemak bisa membantu anak tumbuh berkembang ideal atau bebas dari risiko obesitas.

2. Berikan pengawasan makanan dan minuman manis

Usia anak-anak memang suka dengan makanan dan minuman manis, padahal konsumsi berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Tidak hanya risiko gigi rusak saja, makanan dan minuman manis rentan memberikan risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebaiknya Anda memantau kebiasaan si kecil yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tersebut. Jangan langsung melarang anak, namun kurangi konsumsi permen, coklat, minuman bersoda, dan sebagainya secara perlahan.

3. Ajak olahraga

Cara mencegah diabetes pada anak adalah membiasakan olahraga yang rutin. Kalau orangtua tidak bisa memberikan contoh bagus, bagaimana anak-anak bisa menerapkan aktivitas fisik tersebut? Anda harus mengajak anak-anak rajin olahraga minimal 3 kali seminggu. Jalan kaki 10-30 menit setiap hari bisa menekan risiko terkena penyakit fisik.

Dewasa ini, anak-anak Millenial acap lebih suka menonton televisi, bermain game online, main ponsel pintar atau jenis permainan elektronik lain. Buat suasana olahraga yang seru dan menyenangkan agar anak rajin melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat.

4. Cegah stress pada anak

Penyakit diabetes tipe 2 bisa disembuhkan asal Anda langsung memeriksakan diri pada dokter. Jika anak menderita diabetes tipe 1 yang merupakan kelainan imun, maka dokter akan merekomendasikan terapi insulin. Jenis pengobatan yang sama dilakukan untuk kasus diabetes tipe 2 yang parah, sedangkan pasien diabetes tipe 2 biasa bisa mengkonsumsi obat-obatan antidiabetes dari dokter.

Selama menjalani pemeriksaan, diagnosa dan pengobatan diabetes tipe 2, orangtua wajib memberikan semangat dan dorongan untuk si kecil. Selain motivasi, ajak anak melakukan kegiatan yang seru atau mainan edukatif yang bisa mencegah stress.

Penyakit diabetes tipe 2 pada anak bisa menyerang siapa saja tanpa riwayat keluarga pun. Oleh sebab itu, Anda wajib mengawasi gaya hidup sehat anak agar terhindar dari risiko penyakit ini. Yuk, ubah pola hidup tidak sehat keluarga Anda demi melindungi masa depan anak lebih baik!

 

Sumber:

  • https://www.alodokter.com/diabetes-pada-anak-penyebab-risiko-dan-gejala
  • https://bobo.grid.id/read/081797784/cara-mencegah-diabetes-tipe-2-pada-anak-anak-sudah-melakukannya?page=all

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *