Gaji Cepat Habis? Ikuti Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

  • Whatsapp

Kamu baru memulai karir? Pasti bingung gimana cara mengelola gaji yang masih kecil. Cara mengatur uang gaji 2 juta pasti sangat sulit. Gaji 2 juta bisa apa? Apalagi jika kamu sudah menikah.

Read More

Mengatur gaji yang terbatas memang butuh siasat tersendiri. Tapi bagaimanapun caranya, uang dari gaji tersebut harus bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Syukur-syukur jika masih ada sisa untuk menabung dan melakukan investasi diversifikasi. Apa itu diversifikasi? Secara umum, diversifikasi investasi adalah penganekaragaman jenis produk investasi yang dilakukan oleh investor untuk menyeimbangkan potensi keuntungan dan tingkat risiko kerugian. Anda juga tidak harus bergantung lagi dengan penghasilan utama.

Ulasan berikut ini akan memberikan tips buatmu yang memiliki gaji kecil supaya bisa mengelolanya dengan baik.

1. Membuat Skala Prioritas

Saat baru menerima gaji, rasanya sudah seperti sultan. Semua hal ingin dibeli. Tidak sadar setelah itu, uang dari gaji sudah menipis. Padahal masih ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Siklus ini kerap berulang. Di awal gajian foya-foya, masuk pertengahan bulan mulai merana. Hal ini menunjukan bahwa tidak adanya skala prioritas yang dibuat.

Cara mengatur keuangan bulanan keluarga maupun keuangan pribadi akan berpatokan pada skala prioritas yang dibuat.

Kamu harus menentukan mana saja kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi. Kebutuhan-kebutuhan semacam itu harus kamu masukan pada skala prioritas paling utama.

Persentase pembagian gaji untuk kebutuhan pokok bisa mencapai 50%. Hal-hal bersifat konsumtif bisa kamu masukan ke skala prioritas paling bawah. Kamu bisa memenuhi hal-hal tersebut jika kebutuhan utama sudah tercukupi semuanya.

Alokasi anggaran pada pos keuangan rumah tangga atau pos keuangan pribadi yang sebelum menerima gaji. Setelah gaji sudah ada di tangan, alokasikan dengan ketat pada masing-masing pos menyesuaikan skala prioritasnya.

2. Berhemat

Berhemat adalah hal wajib, terlebih lagi pendapatan yang kamu punya relatif kecil. Hal-hal yang tidak terlalu berpengaruh terhadap daya hidup bisa kamu kurangi atau hentikan sementara.

Kegiatan konsumtif seperti shopping di mall, jalan-jalan, nongkrong di cafe, nonton film di bioskop, berlangganan netflix, dll bisa kamu lakukan jika memang ada uang berlebih.

Cerdik memilih harga juga harus kamu kuasai. Kamu bisa membandingkan harga suatu barang dari beberapa toko dan pilih mana yang lebih murah.

Jika kamu bisa konsisten melakukan hal-hal tersebut, pengeluaranmu pasti akan berkurang cukup banyak. Nah, sisa uang dari berhemat bisa ditabung atau diinvestasikan sekalian supaya bisa mendapatkan return yang lebih besar.

3. Menabung

Menabung adalah hal dasar dalam pengelolaan keuangan yang sudah diajarkan sejak kecil. Namun, pada prakteknya hal tersebut sangat sulit dilakukan bahkan oleh Kamu yang sudah dewasa.

Ada tiga trik menabung yang mungkin bisa kamu terapkan, yaitu:

  • Langsung memotong gaji untuk tabungan. Kamu bisa langsung memotong sejumlah nominal untuk kamu alokasikan sebagai tabungan. Contohnya dari gaji 2 juta, kamu mengalokasikan 300 ribu khusus untuk tabungan. Usahakan untuk tidak mengambil alokasi tabungan, jika tidak benar-benar dalam kondisi darurat.
  • Menyisihkan uang dengan nominal tertentu secara teratur. Contohnya, kamu menyisihkan 10 ribu atau 20 ribu secara konsisten dalam jangka waktu tertentu atau setiap kali selesai berbelanja.
  • Mengumpulkan uang receh. Setiap menerima kembalian dalam bentuk receh, jangan dibuang-buang. Langsung simpan di suatu wadah tertentu. Jika cukup konsisten mengumpulkannya, hasilnya cukup lumayan.
  • Trik di atas cukup sederhana. Hanya butuh niat dan konsistensi. Sudah banyak orang yang membuktikan keberhasilan dari trik menabung tersebut.

4. Menyediakan Rekening Khusus

Jika Kamu bekerja di sebuah perusahaan, biasanya akan diwajibkan memiliki rekening tertentu untuk menerima gaji. Nah, sebaiknya Kamu membuka satu.

5. Investasi Ringan

Mengapa harus investasi? Mengapa investasi penting? Coba bayangkan saja, kamu menabung sejumlah uang. Uang tersebut hanya stuck tidak bertumbuh. Bahkan uang tabungan bisa saja terpakai saat kamu khilaf.

Investasi bisa memberi keuntungan. Meski sedikit, setidaknya ada penambahan nilai dari uang yang kamu simpan.

Ada banyak jenis investasi. Buat Kamu yang bergaji 2 jutaan bisa memilih investasi ringan beresiko rendah.

Investasi p2p lending syariah Indonesia, emas dan deposito mungkin bisa kamu pilih. Resiko kerugiannya tidak terlalu besar, tapi keuntungannya juga tidak terlalu besar. Tapi lebih baik kan, daripada uangmu hanya stuck.

Sebagai catatan, jika kamu sudah berkomitmen mengalokasikan uang untuk investasi, kamu tidak bisa sewaktu-waktu mengambil uang tersebut.

Contohnya untuk investasi deposito, kamu baru bisa mengambil uang berikut keuntungannya setelah 6 bulan atau 1 tahun, tergantung perjanjian.

Investasi emas juga begitu. Jika kamu menjual emas yang baru 2 minggu kamu beli, keuntungannya belum terlihat, bisa saja kamu malah merugi.

Itu dia beberapa tips mengenai cara investasi 2021 dengan gaji 2 juta. Semoga dengan ulasan di atas, Kamu bisa mengelola uang dengan lebih baik. Bisa menggunakan uang dengan tepat dan berani mengambil resiko untuk berinvestasi dalam pendidikan demi peningkatan karir dan pendapatan.

Bagikan artikel ini apabila Bermanfaat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *