Kesehatan

Ketahui Cara Menambah RAM di Smartphone Agar Performa Semakin Meningkat

RAM menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi performa smartphone. Kondisi RAM yang penuh akibat banyak data dan aplikasi yang digunakan dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot. Hal ini menjadi masalah yang cukup serius bagi pengguna smartphone. Untuk memperbaiki kinerja ponsel, ada beberapa cara menambah RAM yang bisa dicoba pengguna smartphone Android.

Tips Menambah RAM pada HP Android

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Terlalu banyak aplikasi yang terpasang di smartphone bisa menguras kapasitas RAM. Maka dari itu, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang memang tidak penting. Cara melakukannya cukup mudah, yaitu cukup dengan menekan aplikasi agak lama kemudian pilih opsi unsintall. Pengguna smartphone juga bisa menghapus aplikasi melalui menu pengaturan, lalu memilih opsi aplikasi. Jika aplikasi tidak bisa dihapus, kamu bisa menutupnya agar tidak terus berjalan.

2. Menonaktifkan Animasi

Animasi bisa menyebabkan kapasitas RAM menjadi penuh. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengaktifkan opsi pengembang. Caranya dengan membuka menu pengaturan, kemudian buka tentang telepon. Selanjutnya ketuk nomor build tujuh kali sampai kamu mendapat pemberitahuan jika sudah menjadi pengembang. Lalu masuk ke bagian Drawing dan matikan opsi Window animation scale Transition animation scale Animator duration scale.

3. Membatasi Widget dan Live Wallpaper

Selain aplikasi dan animasi, penggunaan widget sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi, juga dapat menyebabkan kapasitas RAM berkurang cukup banyak. Tentunya jika hal ini dibiarkan secara terus menerus bisa menghambat kinerja smartphone android. Maka dari itu, cara menambah RAM dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan widget dan wallpaper. Sebaiknya gunakan widget seperlunya saja agar baterai smartphone tidak cepat habis.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar RAM di smatphone tidak penuh. Ada cara lain yang bisa digunakan diantaranya menonaktifkan aplikasi bawaan maupun menggunakan smart booster yang bisa diinstal di Google Play Store. Dengan demikian, maka kapasitas RAM di smartphone bisa diatur agar lebih sesuai dengan beban. Atau kamu juga bisa menambahkan memory card sebagai tempat penyimpanan data yang lain agar tidak memenuhi RAM.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button