Tidak Sulit, Inilah Bahan dan Cara untuk Membuat Masker Kain

  • Whatsapp

tidak-sulit-inilah-bahan-dan-cara-untuk-membuat-masker-kain

Pandemi Covid-19 yang telah mengejutkan banyak negara di dunia sejak akhir 2019 silam sampai sekarang masih belum usai. Berbagai aturan telah ditetapkan pemerintah untuk mencegah penularan virus ini. Masyarakat diajak bersama-sama untuk saling membantu dan bertahan di tengah pandemi. Termasuk mempertahankan perekonomian dengan cara jual masker kain atau jual perlengkapan kesehatan lainnya.

Read More

Trend berjualan perlengkapan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan face shield memang sedang naik daun. Tentu hal ini bisa menjadi peluang penghasilan bagi masyarakat untuk menambah penghasilan. Prinsip utamanya adalah jangan sampai merugikan pembeli dan berbohong. Mulailah dengan niat untuk mencegah bertambahnya korban karena Covid-19.

Membuat Masker Kain

Anda tentu sudah mengetahui bagaimana bentuk masker yang sering dijumpai di pasaran. Sebagian besar masyarakat menggunakan jenis masker kain daripada masker lainnya. Hal tersebut tepat, sebab masker kain memang diperuntukkan kepada masyarakat yang sehat untuk beraktivitas di luar rumah. Tentu menjual masker kain dengan berbagai motif dan bentuk dapat Anda lakukan untuk menambah penghasilan.

Bagi Anda yang ingin tahu bahan dan cara membuat masker, berikut adalah informasi untuk Anda.

1. Bahan

Sebagai bahan dasarnya, Anda harus menentukan jenis kain apa yang akan digunakan untuk masker kain kreasi Anda. Biasanya kain tersebut adalah kain wolfis dan kain katun. Setelah bahan dasar, Anda beralih ke bahan pengait masker yang biasanya adalah karet. Anda bisa juga menggunakan kain dasarnya untuk membuat tali masker. Kemudian pilihlah benang yang memiliki warna senada dengan kain dasarnya. Pastikan kain dalam keadaan bersih, ya.

2. Cara membuat

Pertama-tama, bentuklah pola pada kain yang akan Anda gunakan. Buatlah perhitungan terlebih dahulu tentang ukurannya. Setelah membentuk pola, gunting kain mengikuti pola tersebut. Saat menggunting, Anda harus memastikan guntingnya bersih dan tajam. Setelah itu, potong karet dengan panjang yang telah Anda tentukan sesuai design. Jika Anda menggunakan kain dasar sebagai tali, Anda cukup membuat pola memanjang sesuai ukuran.

Setelah kain dan tali disiapkan, Anda dapat mulai menjahit kain dasarnya mengikuti bentuk kain. Jika tidak memiliki benang yang berwarna senada dengan warna kain dasar, Anda dapat menggunakan benang yang memiliki warna netral.

Setelah itu Anda dapat memasang karet atau tali pada kedua sisi samping masker. Untuk menentukan ukuran, Anda bisa menggunakan manekin sebagai model ukuran. Setelah jadi, Anda bisa mulai jual masker kain tersebut.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika jual masker kain. Selain mendapatkan penghasilan dan keuntungan, Anda bisa membantu mencegah penularan virus Covid-19. Jika ingin dikembangkan, bahan-bahan di atas dapat dikreasikan menjadi kerudung dan buff. Sehingga Anda dapat berjualan lebih dari satu jenis produk.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *